RPP DEEP LEARNING MATA PELAJARAN AKHIDAH AKHLAK KELAS 6 SEMESTER 1

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

DENGAN PENDEKATAN

PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING)


Madrasah                    : MI. MANDIRI BERPRESTASI
Tahun Ajaran              : 2025/2026
Nama Penyusun          : Guru Madrasah Berbagi
Mata Pelajaran            : Akidah Akhlak
Materi                         : Kalimat Tayyibah Istighfar
Kelas/Semester           : VI/Ganjil
Alokasi Waktu            : 3 kali pertemuan


A.      IDENTIFIKASI

1.    Mengidentifikasi Kesiapan Murid

·      Murid kelas 6 yang telah mengenal dasar-dasar ibadah seperti dzikir dan doa sehari-hari.

·      Murid memiliki pengalaman pribadi terkait kesalahan dan memohon maaf.

·      Kemampuan membaca Al-Qur'an dan menulis kalimat Arab sederhana sudah cukup baik.

2.    Memahami Karakteristik Materi Pelajaran

·      Materi ini bersifat spiritual-moral, mengajarkan murid tentang pentingnya istigfar dalam membersihkan hati dan hubungan dengan Allah serta sesama.

·      Terdapat aspek konseptual (pengertian istigfar) dan praktis (penerapannya dalam kehidupan).

·      Relevan dengan karakter siswa yang sedang berkembang moralnya dan perlu diberikan contoh nyata.

3.    Menentukan Dimensi Profil Lulusan

·      Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

·      Berakhlak mulia dan bertanggung jawab

·      Mandiri dan peduli lingkungan

·      Komunikatif dan toleran


B.       DESAIN PEMBELAJARAN

1.    Capaian Pembelajaran

·      Memahami kosep dasar kalimah tayyibah istighfar

2.    Topik Pembelajaran Kontekstual dan Relevan

·      “Istigfar: Membersihkan Hati, Memaafkan Sesama”

·      “Belajar dari Kesalahan: Rahmat Allah Seluas Langit dan Bumi”

3.    Integrasi Lintas Disiplin Ilmu

·      Bahasa Indonesia   : Menulis refleksi dan membuat narasi.

·      Seni Budaya           : Membuat poster motivasi tentang istigfar.

·      PJOK                      : Aktivitas fisik dalam bentuk simulasi atau role-play.

·      TIK                         : Penggunaan aplikasi digital untuk mencatat jumlah istigfar harian

4.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

·      Menjelaskan pengertian istigfar dan lafalnya.

·      Memberikan contoh perilaku rendah hati dan pemaaf.

·      Menguraikan hikmah membaca istigfar.

·      Mengaplikasikan istigfar dalam kehidupan sehari-hari.

5.    Kerangka Pembelajaran

·      Praktis Pedagogis:

v  Pendekatan kontekstual, menggunakan situasi nyata dalam hidup siswa.

v  Metode diskusi kelompok, role-play, dan proyek tindakan nyata.

·      Kemitraan Pembelajaran:

v  Guru sebagai fasilitator dan teman belajar.

v  Siswa aktif dalam proses pembelajaran, saling berbagi pengalaman dan ide.

·      Lingkungan Pembelajaran:

v  Madrasah sebagai ruang pembiasaan akhlak.

v  Rumah sebagai tempat penerapan nilai-nilai istigfar.

·      Pemanfaatan Digital:

v  Penggunaan video pembelajaran singkat.

v  Aplikasi digital untuk mencatat jumlah istigfar harian.

v  Media sosial kelas untuk berbagi hasil refleksi dan aktivitas.


C.      PENGALAMAN BELAJAR

Pembelajaran Berkesadaran (Mindful), bermakna (Meaningful), dan menggembirakan (Joyful)

Murid diajak:

·           Merenungkan pengalaman pribadi terkait kesalahan dan permintaan maaf.

·           Berbagi cerita tentang momen saat mereka merasa butuh ampunan.

·           Bermain peran dalam situasi konflik dan cara menyelesaikannya dengan istigfar dan memaafkan.

·           Diskusi kelompok untuk merancang program tindakan nyata (misalnya: "Seminggu Penuh Istigfar").

·           Berkreasi membuat media dakwah mini (poster, video, audio dzikir)

 

 

 

PERTEMUAN 1

a.      Kegiatan Awal (±10 menit)

·           Salam pembuka & doa pembuka

·           Tanya jawab ringan:

“Apakah kamu pernah melakukan kesalahan? Bagaimana rasanya?”
“Bagaimana cara kamu memperbaiki kesalahan itu?”

·           Penjelasan singkat tujuan pembelajaran hari ini.

·           Pengenalan tema: "Istigfar: Membersihkan Hati, Memaafkan Sesama"

 

b.      Kegiatan Inti

1.        Memahami (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·           Diskusi kelompok kecil (Think-Pair-Share):
Setiap kelompok mendapatkan kasus pendek tentang anak yang melakukan kesalahan.

·           Menonton video animasi pendek tentang arti istigfar.

·           Guru menjelaskan pengertian istigfar, lafal, dan artinya.

·           Latihan membaca dan menulis lafal istigfar dalam tulisan Arab dan Latin.

 

2.        Mengaplikasi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·           Role-play/simulasi:
Anak bermain peran sebagai tokoh yang salah dan kemudian memohon ampun dengan membaca istigfar.

·           Aktivitas kelompok:
Buatlah kartu ucapan minta maaf kepada orang tua/guru/teman dengan bahasa sederhana dan dilengkapi lafal istigfar.

 

3.        Merefleksi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·           Refleksi individu tertulis:

“Aku pernah berbuat salah… Aku ingin memohon ampun kepada Allah dan orang tersebut melalui istigfar.”

·           Circle time sharing:
Siswa bergantian menyampaikan satu hal yang baru saja mereka pelajari hari ini.

 

c.       Kegiatan Penutup (±10 menit)

·      Ringkasan materi oleh guru

·      Doa penutup

·      PR Mandiri: Lakukan 3 kali istigfar setiap hari selama 3 hari ke depan, dan catat perasaan setelah melakukannya.

PERTEMUAN 2

a.      Kegiatan Awal (±10 menit)

·         Review PR siswa dengan tanya jawab: “Apa yang kamu rasakan setelah membaca istigfar beberapa kali?”

·         Permainan cepat tepat: Tebak arti dzikir pendek (termasuk istigfar).

·         Penjelasan singkat tujuan hari ini:
Mempelajari luasnya rahmat Allah dan hikmah istigfar.

 

b.      Kegiatan Inti

1.    Memahami (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·      Analisis ayat al-Qur’an (QS. Al-Baqarah 222 dan Az-Zumar 53-54).

·      Gambar interaktif:
Siswa diberikan gambar gunung, langit, dan bumi → dihubungkan dengan dosa yang bisa diampuni Allah jika kita bertobat.

·      Presentasi kelompok tentang hikmah istigfar:
Tenang hati, lapang rezeki, rendah hati, dll.

2.    Mengaplikasi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·      Proyek mini:
Membuat poster motivasi tentang hikmah istigfar dengan desain kreatif.

·      Simulasi situasi nyata:
Saat marah, lupa, atau malas – bagaimana istigfar menjadi solusi?

3.    Merefleksi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·      Refleksi kelompok: “Jika aku rajin istigfar, maka …”

·      Self-assessment checklist: Apakah saya sudah membiasakan istigfar hari ini?

 

c.       Kegiatan Penutup (±10 menit)

·         Doa dan dzikir penutup bersama

·         Pemberian tantangan minggu depan: “Bawa cerita nyata tentang memaafkan atau dimaafkan.”

 

PERTEMUAN 3

a.        Kegiatan Awal (±10 menit)

·           Sharing cerita nyata dari siswa: “Ada yang punya pengalaman dimaafkan atau memaafkan seseorang?”

·           Video inspiratif:
Kisah Nabi Muhammad Saw. yang rendah hati dan pemaaf.

·           Penjelasan tujuan:
Hari ini fokus pada sikap rendah hati dan pemaaf sebagai implementasi istigfar.

b.        Kegiatan Inti

1.      Memahami (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·      Cerita pendek: Kisah dua saudara (Amir dan Hasin) dari buku, lalu siswa analisis sikap masing-masing tokoh.

·      Pembahasan ciri-ciri orang rendah hati dan pemaaf.

·      Visualisasi emosi: Latihan mengenali rasa iri, marah, dan cara mengendalikannya dengan istigfar dan memaafkan.

 

2.      Mengaplikasi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·      Role-play antar pasangan:

Satu siswa berperan sebagai orang yang bersalah, satunya lagi sebagai pemaaf.

·      Kartu aktivitas:

Lakukan 1 kebaikan tanpa pamrih selama seminggu dan catat hasilnya.

·      Program tindakan nyata:

Membuat komitmen pribadi: “Saya akan lebih rendah hati dan pemaaf mulai hari ini.”

 

3.      Merefleksi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)

·      Refleksi jurnal: “Dari siapa saya harus meminta maaf? Siapa yang harus saya maafkan?”

·      Sharing circle: Siswa berdiri dalam lingkaran dan bergantian menyebutkan satu kata tentang “maaf” dan “istigfar”.

 

c.         Kegiatan Penutup (±10 menit)

·      Doa dan dzikir penutup

·      Motivasi akhir: “Mari biasakan istigfar dan maaf agar hati kita selalu tenang dan damai.”

 

D.      ASESMEN

1.         Asesmen Awal

·      Formatif awal: Lembar isian pengalaman diri sendiri tentang kesalahan dan permintaan maaf.

·      Instrumen: Kuesioner pendek dengan 5 pertanyaan ya/tidak.

 

2.         Asesmen Proses

·      Contoh soal:

“Jelaskan apa yang kamu lakukan setelah melakukan kesalahan besar!”

·      Instrumen: Rubrik penilaian diskusi kelompok, performa role-play, dan proyek.

 

3.         Asesmen Akhir

Contoh Soal Uraian (5 butir):

1.        Apa arti dari kalimat “Astaghfirullahal ‘Adzim”?

2.        Sebutkan 3 hikmah membaca istigfar!

3.        Bagaimana cara kamu memohon maaf kepada Allah Swt.?

4.        Tuliskan lafal istigfar dan artinya!

5.        Mengapa kita harus rendah hati dan pemaaf?

 

 

Mengetahui,                                                                Probolinggo,   ……………………                            Kepala Madrasah                                                        Guru Mapel Akidah Akhlak

 

 

            ……………………………….                                   ………………………………


Untuk RPP Bab lainnya, silahkan Klik link di bawah ini!

RPP AKIDAH AKHLAK

 

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP DEEP LEARNING MATA PELAJARAN AKHIDAH AKHLAK KELAS 6 SEMESTER 1"

Posting Komentar