RPP DEEP LEARNING MATA PELAJARAN AKHIDAH AKHLAK KELAS 6 SEMESTER 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DENGAN PENDEKATAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
(DEEP LEARNING)
Madrasah : MI. MANDIRI BERPRESTASI
Tahun Ajaran : 2025/2026
Nama Penyusun : Guru Madrasah
Berbagi
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Materi : Kalimat
Tayyibah Istighfar
Kelas/Semester : VI/Ganjil
Alokasi Waktu : 3 kali
pertemuan
A.
IDENTIFIKASI
1.
Mengidentifikasi Kesiapan Murid
·
Murid
kelas 6 yang telah mengenal dasar-dasar ibadah seperti dzikir dan doa
sehari-hari.
·
Murid
memiliki pengalaman pribadi terkait kesalahan dan memohon maaf.
· Kemampuan
membaca Al-Qur'an dan menulis kalimat Arab sederhana sudah cukup baik.
2.
Memahami Karakteristik Materi Pelajaran
· Materi ini bersifat spiritual-moral, mengajarkan murid tentang
pentingnya istigfar dalam membersihkan hati dan hubungan dengan Allah serta
sesama.
· Terdapat aspek konseptual (pengertian istigfar) dan praktis
(penerapannya dalam kehidupan).
· Relevan dengan karakter siswa yang sedang berkembang moralnya dan
perlu diberikan contoh nyata.
3.
Menentukan Dimensi Profil Lulusan
· Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa
·
Berakhlak
mulia dan bertanggung jawab
·
Mandiri
dan peduli lingkungan
·
Komunikatif
dan toleran
B.
DESAIN PEMBELAJARAN
1.
Capaian Pembelajaran
· Memahami kosep dasar kalimah tayyibah istighfar
2.
Topik Pembelajaran Kontekstual dan Relevan
·
“Istigfar:
Membersihkan Hati, Memaafkan Sesama”
·
“Belajar
dari Kesalahan: Rahmat Allah Seluas Langit dan Bumi”
3.
Integrasi Lintas Disiplin Ilmu
· Bahasa
Indonesia : Menulis refleksi dan membuat
narasi.
· Seni Budaya : Membuat poster motivasi tentang
istigfar.
·
PJOK
: Aktivitas fisik
dalam bentuk simulasi atau role-play.
·
TIK : Penggunaan aplikasi
digital untuk mencatat jumlah istigfar harian
4.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
·
Menjelaskan
pengertian istigfar dan lafalnya.
·
Memberikan
contoh perilaku rendah hati dan pemaaf.
·
Menguraikan
hikmah membaca istigfar.
·
Mengaplikasikan
istigfar dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Kerangka Pembelajaran
·
Praktis
Pedagogis:
v Pendekatan kontekstual, menggunakan situasi nyata dalam hidup
siswa.
v Metode diskusi kelompok, role-play, dan proyek tindakan nyata.
·
Kemitraan
Pembelajaran:
v Guru sebagai fasilitator dan teman belajar.
v Siswa aktif dalam proses pembelajaran, saling berbagi pengalaman
dan ide.
·
Lingkungan
Pembelajaran:
v Madrasah sebagai ruang pembiasaan akhlak.
v
Rumah sebagai tempat penerapan nilai-nilai
istigfar.
·
Pemanfaatan
Digital:
v Penggunaan video pembelajaran singkat.
v Aplikasi digital untuk mencatat jumlah istigfar harian.
v Media sosial kelas untuk berbagi hasil refleksi dan aktivitas.
C.
PENGALAMAN BELAJAR
Pembelajaran Berkesadaran (Mindful),
bermakna (Meaningful), dan menggembirakan (Joyful)
Murid diajak:
·
Merenungkan pengalaman pribadi terkait
kesalahan dan permintaan maaf.
·
Berbagi cerita tentang momen saat mereka
merasa butuh ampunan.
·
Bermain
peran dalam situasi konflik dan cara menyelesaikannya dengan istigfar dan
memaafkan.
·
Diskusi
kelompok untuk merancang program tindakan nyata (misalnya: "Seminggu Penuh
Istigfar").
·
Berkreasi membuat media dakwah mini
(poster, video, audio dzikir)
PERTEMUAN 1
a.
Kegiatan Awal (±10 menit)
·
Salam
pembuka & doa pembuka
·
Tanya
jawab ringan:
“Apakah kamu pernah melakukan kesalahan? Bagaimana rasanya?”
“Bagaimana cara kamu memperbaiki kesalahan itu?”
·
Penjelasan
singkat tujuan pembelajaran hari ini.
·
Pengenalan
tema: "Istigfar: Membersihkan Hati, Memaafkan Sesama"
b.
Kegiatan Inti
1.
Memahami (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
·
Diskusi
kelompok kecil (Think-Pair-Share):
Setiap kelompok mendapatkan kasus pendek tentang anak yang melakukan kesalahan.
·
Menonton video animasi pendek tentang arti
istigfar.
·
Guru
menjelaskan pengertian istigfar, lafal, dan artinya.
·
Latihan
membaca dan menulis lafal istigfar dalam tulisan Arab dan Latin.
2.
Mengaplikasi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
·
Role-play/simulasi:
Anak bermain peran sebagai tokoh yang salah dan kemudian memohon ampun dengan
membaca istigfar.
·
Aktivitas
kelompok:
Buatlah kartu ucapan minta maaf kepada orang tua/guru/teman dengan bahasa
sederhana dan dilengkapi lafal istigfar.
3.
Merefleksi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
·
Refleksi
individu tertulis:
“Aku pernah berbuat salah… Aku ingin
memohon ampun kepada Allah dan orang tersebut melalui istigfar.”
·
Circle
time sharing:
Siswa bergantian menyampaikan satu hal yang baru saja mereka pelajari hari ini.
c.
Kegiatan Penutup (±10 menit)
· Ringkasan materi oleh guru
· Doa penutup
· PR Mandiri: Lakukan 3 kali istigfar setiap hari selama 3 hari ke
depan, dan catat perasaan setelah melakukannya.
PERTEMUAN 2
a.
Kegiatan Awal (±10 menit)
·
Review
PR siswa dengan tanya jawab: “Apa yang kamu rasakan setelah membaca istigfar
beberapa kali?”
·
Permainan
cepat tepat: Tebak arti dzikir pendek (termasuk istigfar).
·
Penjelasan
singkat tujuan hari ini:
Mempelajari luasnya rahmat Allah dan hikmah istigfar.
b.
Kegiatan Inti
1.
Memahami (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
·
Analisis
ayat al-Qur’an (QS. Al-Baqarah 222 dan Az-Zumar 53-54).
·
Gambar
interaktif:
Siswa diberikan gambar gunung, langit, dan bumi → dihubungkan dengan dosa yang
bisa diampuni Allah jika kita bertobat.
· Presentasi kelompok tentang hikmah istigfar:
Tenang hati, lapang rezeki, rendah hati, dll.
2.
Mengaplikasi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
· Proyek mini:
Membuat poster motivasi tentang hikmah istigfar dengan desain kreatif.
·
Simulasi situasi nyata:
Saat marah, lupa, atau malas – bagaimana istigfar menjadi solusi?
3.
Merefleksi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
· Refleksi kelompok: “Jika aku rajin istigfar, maka …”
· Self-assessment checklist: Apakah saya sudah membiasakan istigfar
hari ini?
c.
Kegiatan Penutup (±10 menit)
·
Doa
dan dzikir penutup bersama
·
Pemberian
tantangan minggu depan: “Bawa cerita nyata tentang memaafkan atau dimaafkan.”
PERTEMUAN 3
a.
Kegiatan Awal (±10 menit)
·
Sharing
cerita nyata dari siswa: “Ada yang punya pengalaman dimaafkan atau memaafkan
seseorang?”
·
Video
inspiratif:
Kisah Nabi Muhammad Saw. yang rendah hati dan pemaaf.
·
Penjelasan tujuan:
Hari ini fokus pada sikap rendah hati dan pemaaf sebagai implementasi istigfar.
b.
Kegiatan Inti
1.
Memahami (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
·
Cerita
pendek: Kisah dua saudara (Amir dan Hasin) dari buku, lalu siswa analisis sikap
masing-masing tokoh.
· Pembahasan
ciri-ciri orang rendah hati dan pemaaf.
· Visualisasi
emosi: Latihan mengenali rasa iri, marah, dan cara mengendalikannya dengan
istigfar dan memaafkan.
2.
Mengaplikasi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
· Role-play antar pasangan:
Satu siswa berperan sebagai orang
yang bersalah, satunya lagi sebagai pemaaf.
· Kartu aktivitas:
Lakukan 1 kebaikan tanpa pamrih
selama seminggu dan catat hasilnya.
· Program tindakan nyata:
Membuat
komitmen pribadi: “Saya akan lebih rendah hati dan pemaaf mulai hari ini.”
3.
Merefleksi (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
· Refleksi jurnal: “Dari siapa saya harus meminta maaf? Siapa yang
harus saya maafkan?”
· Sharing circle: Siswa berdiri dalam lingkaran dan bergantian
menyebutkan satu kata tentang “maaf” dan “istigfar”.
c.
Kegiatan Penutup (±10 menit)
· Doa dan dzikir penutup
· Motivasi akhir: “Mari biasakan istigfar dan maaf agar hati kita
selalu tenang dan damai.”
D.
ASESMEN
1.
Asesmen Awal
· Formatif
awal: Lembar isian pengalaman diri sendiri tentang kesalahan dan permintaan
maaf.
·
Instrumen:
Kuesioner pendek dengan 5 pertanyaan ya/tidak.
2.
Asesmen Proses
·
Contoh
soal:
“Jelaskan apa yang kamu lakukan
setelah melakukan kesalahan besar!”
· Instrumen: Rubrik penilaian diskusi kelompok, performa role-play,
dan proyek.
3.
Asesmen Akhir
Contoh Soal Uraian (5 butir):
1.
Apa arti dari kalimat “Astaghfirullahal
‘Adzim”?
2.
Sebutkan
3 hikmah membaca istigfar!
3.
Bagaimana cara kamu memohon maaf kepada
Allah Swt.?
4.
Tuliskan
lafal istigfar dan artinya!
5.
Mengapa
kita harus rendah hati dan pemaaf?
Mengetahui, Probolinggo, …………………… Kepala Madrasah Guru
Mapel Akidah Akhlak
………………………………. ………………………………
Untuk RPP Bab lainnya, silahkan Klik link di bawah ini!
0 Response to "RPP DEEP LEARNING MATA PELAJARAN AKHIDAH AKHLAK KELAS 6 SEMESTER 1"
Posting Komentar