PERANGKAT AJAR BAHASA ARAB FASE C KELAS 6 SEMESTER 1

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah kali ini saya bisa kembali hadir untuk membagikan perangkat ajar Bahasa Arab Fase C Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah. Seperti biasa dalam kesempatan ini akan kami bagikan perangkat ajar yang terdiri dari :

1.  Capaian Pembelajaran (CP)

2. Tujuan Pembelajaran (TP)

3.  Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

4.  Program Tahunan

5.  Program Semester

6.  Modul Ajar

 Berikut adalah contoh Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 6 Bab :


MODUL AJAR BAHASA ARAB

KELAS 6 BAB 1


A.      IDENTITAS MODUL AJAR

Nama Penyusun   : Guru Madrasah Berbagi

Nama Madrasah : MI. Mandiri Berprestasi

Mata Pelajaran     : Bahasa Arab

Fase/Kelas            : C / 6

Semester              : I (Ganjil)

Tema                     : الساعة (Jam / Waktu)

Alokasi Waktu      : 4 x pertemuan (8 JP)

 

Metode Pembelajaran yang Digunakan :

·       Pertemuan 1 : Demonstrasi & Tanya Jawab

·       Pertemuan 2 : Diskusi Kelompok & Praktik Lisan

·       Pertemuan 3 : Simulasi Percakapan & Gambar Jam

·       Pertemuan 4 : Evaluasi & Refleksi

 

B.        KOMPETENSI AWAL

Sebelum mempelajari tema ini, peserta didik sudah mampu:

·         Mengenal angka dalam bahasa Arab sederhana.

·         Mengetahui bentuk jam analog dan digital.

·         Memiliki pemahaman dasar tentang waktu dalam kehidupan sehari-hari.

·         Mengenal kalimat tanya dan jawaban singkat dalam bahasa Arab.


C.       PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL’ALAMIN

Profil

Deskripsi

Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Siswa bersyukur atas anugerah kemampuan berbahasa sebagai sarana komunikasi.

Bernalar Kritis

Siswa dapat mengaitkan konsep waktu dengan aktivitas harian secara logis.

Kreatif dan Inovatif

Siswa menciptakan jadwal harian menggunakan bahasa Arab.

Gotong Royong

Siswa bekerja sama dalam kelompok saat simulasi percakapan.

Mandiri

Siswa menyelesaikan lembar kerja dan latihan soal secara mandiri.

Berkebinekaan Global

Siswa menghargai perbedaan penggunaan waktu antar budaya melalui pembelajaran bahasa asing.

 

D.      SARANA DAN PRASARANA

·         Buku Bahasa Arab kelas 6

·         Lembar Kerja Siswa (LKS)

·         Jam dinding/analog/digital

·         Poster kosakata waktu dalam bahasa Arab

·         Laptop/Komputer/Proyektor (jika tersedia)

·         Audio suara penunjukkan waktu (opsional)

 

E.        TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki kemampuan membaca dan menulis huruf Arab dasar serta ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab terkait tema waktu.


KOMPONEN INTI


A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran selama 4 pertemuan, siswa mampu:

1.      Menyebutkan ungkapan dalam bahasa Arab untuk menanyakan dan memberitahu waktu.

2.      Mengidentifikasi struktur kalimat sederhana tentang waktu.

3.      Menggunakan kosakata dan frasa terkait waktu dalam percakapan sehari-hari.

4.      Menulis dan menyusun kalimat sederhana tentang waktu dalam bahasa Arab.

5.      Memberi dan meminta informasi tentang waktu secara lisan dan tulisan.


B.        INDIKATOR KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Mampu menjawab pertanyaan “كم الساعة؟” dengan benar

2.    Mampu membuat kalimat sederhana seperti “الساعة السادسة ونصف

3.    Mampu menyebutkan waktu dalam bentuk jam penuh, setengah, dan seperempat

4.    Mampu menyusun jadwal harian menggunakan kalimat bahasa Arab

5.    Mampu melakukan percakapan singkat terkait waktu secara lisan

 

C.        PEMAHAMAN BERMAKNA

Siswa memahami bahwa kemampuan menyebutkan waktu dalam bahasa Arab merupakan bagian dari kemampuan berkomunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks akademik maupun sosial.

 

D.       PERTANYAAN PEMANTIK

1.         Bagaimana cara menyebutkan waktu dalam bahasa Arab?

2.         Apa saja kata-kata penting untuk menyebutkan pagi, siang, sore, dan malam dalam bahasa Arab?

3.         Bagaimana struktur kalimat tanya dan jawaban tentang waktu?

4.         Bagaimana kita bisa menggunakan waktu untuk menentukan aktivitas harian?

 

E.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1: Metode Demonstrasi & Tanya Jawab

Waktu: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu:

·           Menyebutkan angka 1–12 dalam bahasa Arab.

·           Mengidentifikasi waktu jam penuh (jam bulat).

·           Membaca dan menulis jam dalam bahasa Arab sederhana.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pendahuluan (±10 menit)

·      Salam pembuka dan doa

·      Apersepsi : Guru menunjukkan gambar jam analog/digital dan bertanya:

·         "كم الساعة؟" (Jam berapa sekarang?)

·         "من فضلك، كم الساعة في الصورة؟" (Menurutmu, jam berapa di gambar ini?)

·      Penyampaian tujuan pembelajaran : Guru menjelaskan bahwa hari ini siswa akan belajar menyebutkan waktu dalam bahasa Arab.

 

2.      Kegiatan Inti (±50 menit)

a.         Eksplorasi (Penggalian Informasi Awal)

·        Guru menampilkan poster angka 1–12 dalam bahasa Arab :

·                      الواحدة – الثانية – الثالثة – الرابعة – الخامسة – السادسة – السابعة – الثامنة – التاسعة – العاشرة –الحادية عشرة – الثانية عشرة

·         Siswa diminta mengulang pengucapan dan menirukan penulisan angka tersebut.

 

b.        Elaborasi (Penerapan Konsep)

·         Guru menunjukkan beberapa gambar jam analog dengan waktu jam bulat (misalnya: jam 6, jam 7, dll.)

·         Siswa diminta menyebutkan waktunya dalam bahasa Arab:

Contoh: Gambar jam menunjukkan pukul 8 → siswa mengatakan: "الساعة الثامنة"

·         Siswa diberikan latihan tulis singkat:

Isilah titik-titik: الساعة ... = 09.00 → jawaban: التاسعة

 

c.         Konfirmasi (Penguatan)

·         Guru memberikan umpan balik langsung kepada siswa.

·         Siswa yang salah menjawab diberi kesempatan memperbaiki.

·         Guru memberikan contoh kalimat tambahan:

الساعة السادسة → jam enam

الساعة العاشرة → jam sepuluh

 

3.      Penutup (±10 menit)

·      Ringkasan materi : Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran hari ini.

·      Refleksi : Beberapa siswa ditunjuk untuk membacakan kembali angka dan waktu yang telah dipelajari.

·      Doa penutup dan salam .


PERTUMUAN 2: Metode Diskusi Kelompok & Praktik Lisan

Waktu: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu:

·           Menggunakan frasa komunikatif untuk menanyakan dan menjawab waktu.

·           Memahami struktur kalimat tanya dan jawaban tentang waktu.

·           Melakukan percakapan singkat menggunakan kalimat waktu.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pendahuluan (±10 menit)

·         Review materi pertemuan sebelumnya melalui tanya jawab cepat:

الساعة الخامسة = …?

الساعة العاشرة = …?

·         Penyampaian tujuan : Hari ini siswa akan belajar percakapan singkat menggunakan waktu.


2.      Kegiatan Inti (±50 menit)

a.         Eksplorasi

·       Guru menulis beberapa kalimat tanya dan jawaban di papan tulis:

سؤال: كم الساعة الآن؟
جواب: الساعة الثامنة والربع.

سؤال: متى تبدأ الدرس؟
جواب: نبدأ الدرس في الساعة السابعة.

·       Guru menjelaskan arti setiap kata dan struktur kalimat.

b.        Elaborasi

·       Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil (3–4 orang).

·       Setiap kelompok mendapat kartu permainan percakapan singkat.

·       Siswa diminta berlatih dialog pendek seperti:

أ: كم الساعة؟
ب: الساعة السادسة ونصف.

أ: متى تذهب إلى المدرسة؟
ب: أذهب إلى المدرسة في الساعة السادسة والربع.

·       Setelah latihan, kelompok tampil di depan kelas.

c.         Konfirmasi

·       Guru memberikan penilaian formatif secara lisan dan tertulis singkat.

·       Siswa diberikan soal isian singkat:

السَّاعَةُ الثامنة والربع = … jam? → Jawaban: 08.15

 

3.      Penutup (±10 menit)

·         Ringkasan : Guru bersama siswa menyimpulkan pola kalimat tanya dan jawaban.

·         Refleksi : Siswa menyebutkan satu hal baru yang mereka pelajari hari ini.

·         Doa penutup dan salam .

 

 

PERTUMUAN 3: Metode Simulasi Percakapan & Gambar Jam

Waktu: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu:

·           Menyebutkan waktu dengan pecahan menit (seperempat, setengah).

·           Menggambar jam sesuai waktu yang diberikan.

·           Menggunakan waktu dalam konteks aktivitas harian.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pendahuluan (±10 menit)

·         Tanya jawab review :

الساعة السادسة ونصف = …?

الساعة الثامنة والربع = …?

·         Penyampaian tujuan : Hari ini siswa akan belajar menyebutkan waktu dengan pecahan menit.

 

2.      Kegiatan Inti (±50 menit)

a.         Eksplorasi

·           Guru menjelaskan konsep waktu:

النصف = setengah

الربع = seperempat

ثلاثة أرباع = tiga perempat

·           Guru menulis contoh:

الساعة السادسة ونصف = 06.30

الساعة الثامنة والربع = 08.15

الساعة الحادية عشر إلا ربع = 10.45

 

b.        Elaborasi

·           Siswa diberi lembar kerja berisi gambar jam kosong dan harus menuliskan waktu dalam bahasa Arab.

·           Siswa juga diberi soal terjemahan:

“Saya pulang dari sekolah pukul satu setengah” → أعود من المدرسة في الساعة الواحدة ونصف.

·           Siswa melakukan simulasi percakapan dengan teman sebangku tentang aktivitas harian dan waktu.

 

c.         Konfirmasi

·           Guru memberikan umpan balik pada hasil kerja siswa.

·           Siswa yang belum paham diberi bimbingan tambahan.

 

3.      Penutup (±10 menit)

·           Ringkasan : Guru bersama siswa menyimpulkan cara menyebutkan waktu dengan pecahan menit.

·           Refleksi : Siswa menyebutkan satu contoh waktu dalam bentuk pecahan menit.

·           Doa penutup dan salam .

 

PERTEMUAN 4: Metode Evaluasi & Refleksi

Waktu: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu:

·      Mengerjakan soal evaluasi terkait tema waktu.

·      Merangkum seluruh materi yang telah dipelajari.

·      Melakukan refleksi pembelajaran.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.    Pendahuluan (±10 menit)

·           Motivasi : Guru mengingatkan pentingnya evaluasi sebagai bentuk penguasaan materi.

·           Penyampaian tujuan : Hari ini siswa akan mengerjakan evaluasi dan merefleksikan pembelajaran.

 

2.    Kegiatan Inti (±50 menit)

a.         Eksplorasi

·       Guru memberikan soal evaluasi sumatif (tertulis):

     Isilah titik-titik:

الساعة الثامنة والربع = …..

الساعة الحادية عشر ونصف = ….

b.        . Elaborasi

·       Siswa mengerjakan soal evaluasi.

·       Guru mengumpulkan lembar jawaban dan memberikan penilaian.

 

c.         Konfirmasi

·       Setelah evaluasi selesai, guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran :

ü  Apa yang kamu pelajari selama 4 pertemuan ini?

ü  Di mana kamu masih perlu banyak latihan?

ü  Bagaimana kamu bisa menggunakan waktu dalam bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari?

 

3.    Penutup (±10 menit)

·           Pengumuman hasil evaluasi (jika sudah tersedia).

·           Doa penutup dan salam .

·           Pemberian motivasi : Guru memberikan semangat untuk belajar lebih baik lagi.

F.        ASESMEN

1.     ASESMEN PENGETAHUAN

Tujuan:

Mengevaluasi penguasaan siswa terhadap konsep-konsep bahasa Arab terkait waktu seperti angka dalam bahasa Arab, struktur kalimat tanya dan jawaban, serta kosakata seputar waktu.

 

Bentuk Penilaian:

·      Soal pilihan ganda

·      Isian singkat

·      Menyusun kalimat dari kata acak

·      Terjemahan sederhana

Teknik Penilaian:

·      Tes tertulis

·      Penilaian formatif selama pembelajaran berlangsung

 

2.     ASESMEN KETERAMPILAN

Tujuan:

Menilai kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Arab secara lisan dan tulis dalam konteks percakapan dan aktivitas harian terkait waktu.

 

Aspek yang Dinilai:

1.              Kemampuan berbicara (lisan)

2.              Kemampuan menulis kalimat

3.              Kemampuan menyimulasikan percakapan

4.              Kemampuan membaca dan mengucapkan waktu

Teknik Penilaian:

·           Observasi langsung selama pembelajaran

·           Simulasi percakapan dua arah

·           Penilaian unjuk kerja

Rubrik Penilaian Keterampilan Lisan:

NO.

Aspek

Skor (1-4)

Deskripsi

1

Kelancaran bicara

1-4

Apakah siswa lancar atau terbata-bata?

2

Kejelasan pengucapan

1-4

Apakah pengucapan jelas dan mudah dipahami?

3

Ketepatan penggunaan kalimat

1-4

Apakah struktur kalimat benar dan tepat?

4

Relevansi jawaban

1-4

Apakah jawaban sesuai pertanyaan dan konteks?

Contoh Instrumen Penilaian Keterampilan:

Tabel Penilaian Keterampilan Lisan

Nama Siswa

Kelancaran

Pengucapan

Struktur Kalimat

Relevansi Jawaban

Total Nilai

Andi

4

4

3

4

15/16

Budi

3

3

3

3

12/16

 

Simulasi Percakapan

Guru memberikan instruksi:

“Lakukan percakapan dengan temanmu tentang waktu bangun pagi dan pergi ke sekolah!” Contoh dialog:

·                 A: كم الساعة تستيقظ؟

·                 B: أستيقظ في الساعة السادسة والربع.

 

3.     ASESMEN SIKAP

Tujuan:

Menilai perkembangan karakter dan sikap spiritual serta sosial siswa selama proses pembelajaran, seperti kejujuran, disiplin, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.

 

Aspek yang Dinilai:

1.    Sikap spiritual (terhadap anugerah Allah berupa kemampuan berbahasa)

2.    Sikap sosial (kerja sama, partisipasi, sopan santun)

3.    Disiplin waktu dalam kegiatan kelas

4.    Rasa ingin tahu dan antusiasme

Teknik Penilaian:

·       Observasi guru

·       Jurnal perilaku

·       Penilaian diri dan teman sebaya

 

Rubrik Penilaian Sikap:

No

Aspek

Deskripsi

Skala (1–4)

1

Disiplin waktu

Datang tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu

1-4

2

Partisipasi aktif

Aktif menjawab, bertanya, dan berdiskusi

1-4

3

Kerja sama kelompok

Mau bekerja sama, tidak mendominasi

1-4

4

Tanggung jawab

Melaksanakan tugas dengan baik

1-4

5

Rasa ingin tahu

Antusias belajar, banyak bertanya

1-4

 

Contoh Instrumen Penilaian Sikap:

Tabel Penilaian Sikap Harian

Nama Siswa

Disiplin Waktu

Partisipasi

Kerja Sama

Tanggung Jawab

Rasa Ingin Tahu

Total Nilai

Andi

4

4

3

4

4

19/20

Budi

3

3

3

3

3

15/20

 

 

G.       REMIDIAL DAN PENGAYAAN

Remedial

Bagi siswa yang belum mencapai KKM:

·         Diadakan ulasan tambahan melalui media visual (gambar jam)

·         Latihan soal tambahan di rumah bersama orang tua

·         Bimbingan intensif oleh guru atau teman sebaya

 

Pengayaan

Untuk siswa yang sudah mencapai atau melebihi KKM:

·         Membuat cerita pendek menggunakan waktu dan aktivitas harian

·         Menjadi fasilitator dalam simulasi percakapan

·         Mengajarkan materi kepada teman lain dalam kelompok kecil


CONTOH LAPORAN HASIL ASESMEN

Lembar Hasil Asesmen Siswa

Nama Siswa

Kelas

Kompetensi

Nilai

Predikat

Andi

VI

Pengetahuan

85

Baik

Keterampilan

88

Baik

Sikap

90

Sangat Baik

Budi

VI

Pengetahuan

70

Cukup

Keterampilan

65

Kurang

Sikap

75

Cukup

 

H.      LAMPIRAN

·         Materi Belajar

(Materi terlampir)

·         Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Terlampir

 

Mengetahui,                                                    .....................................................              

Kepala Madrasah                                            Guru Mapel Bahasa Arab

 

 

            ……………………………….                          ………………………………

 

Untuk Perangkat Ajar lebih lengkapnya, Silahkan Bapak/Ibu Guru download di bawah ini:


DONWLOAD PERANGKAT AJAR BAHASA ARAB KELAS 6 SEMESTER 1


Demikianlah contoh perangkat ajar Bahasa Arab Kelas 6 Semester1 yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat.


 

 







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERANGKAT AJAR BAHASA ARAB FASE C KELAS 6 SEMESTER 1"

Posting Komentar