PERANGKAT AJAR BAHASA ARAB FASE C KELAS 6 SEMESTER 1
Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah kali ini saya bisa kembali hadir untuk membagikan perangkat ajar Bahasa Arab Fase C Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah. Seperti biasa dalam kesempatan ini akan kami bagikan perangkat ajar yang terdiri dari :
1. Capaian Pembelajaran (CP)
2. Tujuan Pembelajaran (TP)
3. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
4. Program Tahunan
5. Program Semester
6. Modul Ajar
Berikut adalah contoh Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 6 Bab :
MODUL AJAR BAHASA ARAB
KELAS 6 BAB 1
A. IDENTITAS MODUL AJAR
Nama Penyusun : Guru Madrasah Berbagi
Nama Madrasah : MI. Mandiri Berprestasi
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Fase/Kelas : C / 6
Semester : I (Ganjil)
Tema :
الساعة
(Jam / Waktu)
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 JP)
Metode
Pembelajaran yang Digunakan :
· Pertemuan 1 : Demonstrasi & Tanya
Jawab
· Pertemuan 2 : Diskusi Kelompok &
Praktik Lisan
· Pertemuan 3 : Simulasi Percakapan
& Gambar Jam
· Pertemuan 4 : Evaluasi & Refleksi
B.
KOMPETENSI AWAL
Sebelum mempelajari tema ini, peserta
didik sudah mampu:
·
Mengenal
angka dalam bahasa Arab sederhana.
·
Mengetahui
bentuk jam analog dan digital.
·
Memiliki
pemahaman dasar tentang waktu dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mengenal
kalimat tanya dan jawaban singkat dalam bahasa Arab.
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN
LIL’ALAMIN
Profil |
Deskripsi |
Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa |
Siswa bersyukur atas anugerah kemampuan berbahasa
sebagai sarana komunikasi. |
Bernalar Kritis |
Siswa dapat mengaitkan konsep waktu dengan aktivitas
harian secara logis. |
Kreatif dan Inovatif |
Siswa menciptakan jadwal harian menggunakan bahasa
Arab. |
Gotong Royong |
Siswa bekerja sama dalam kelompok saat simulasi
percakapan. |
Mandiri |
Siswa menyelesaikan lembar kerja dan latihan soal
secara mandiri. |
Berkebinekaan Global |
Siswa menghargai perbedaan penggunaan waktu antar
budaya melalui pembelajaran bahasa asing. |
D. SARANA DAN PRASARANA
·
Buku
Bahasa Arab kelas 6
·
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
·
Jam
dinding/analog/digital
·
Poster
kosakata waktu dalam bahasa Arab
·
Laptop/Komputer/Proyektor
(jika tersedia)
·
Audio
suara penunjukkan waktu (opsional)
E.
TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik kelas 6 Madrasah
Ibtidaiyah yang memiliki kemampuan membaca dan menulis huruf Arab dasar serta
ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab terkait tema
waktu.
KOMPONEN INTI
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran selama
4 pertemuan, siswa mampu:
1.
Menyebutkan
ungkapan dalam bahasa Arab untuk menanyakan dan memberitahu waktu.
2.
Mengidentifikasi
struktur kalimat sederhana tentang waktu.
3.
Menggunakan
kosakata dan frasa terkait waktu dalam percakapan sehari-hari.
4.
Menulis
dan menyusun kalimat sederhana tentang waktu dalam bahasa Arab.
5.
Memberi
dan meminta informasi tentang waktu secara lisan dan tulisan.
B.
INDIKATOR KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu menjawab pertanyaan “كم الساعة؟”
dengan benar
2. Mampu membuat kalimat sederhana
seperti “الساعة السادسة ونصف”
3. Mampu menyebutkan waktu dalam bentuk
jam penuh, setengah, dan seperempat
4. Mampu menyusun jadwal harian
menggunakan kalimat bahasa Arab
5. Mampu melakukan percakapan singkat
terkait waktu secara lisan
C.
PEMAHAMAN BERMAKNA
Siswa memahami bahwa kemampuan
menyebutkan waktu dalam bahasa Arab merupakan bagian dari kemampuan
berkomunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks
akademik maupun sosial.
D. PERTANYAAN PEMANTIK
1.
Bagaimana cara menyebutkan
waktu dalam bahasa Arab?
2.
Apa saja kata-kata penting
untuk menyebutkan pagi, siang, sore, dan malam dalam bahasa Arab?
3.
Bagaimana struktur kalimat
tanya dan jawaban tentang waktu?
4.
Bagaimana kita bisa
menggunakan waktu untuk menentukan aktivitas harian?
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1:
Metode Demonstrasi & Tanya Jawab
Waktu: 2 JP
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu:
·
Menyebutkan
angka 1–12 dalam bahasa Arab.
·
Mengidentifikasi
waktu jam penuh (jam bulat).
·
Membaca
dan menulis jam dalam bahasa Arab sederhana.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan (±10 menit)
·
Salam
pembuka dan doa
· Apersepsi : Guru menunjukkan gambar
jam analog/digital dan bertanya:
·
"كم الساعة؟" (Jam berapa sekarang?)
·
"من فضلك، كم الساعة في الصورة؟" (Menurutmu, jam
berapa di gambar ini?)
· Penyampaian tujuan pembelajaran : Guru
menjelaskan bahwa hari ini siswa akan belajar menyebutkan waktu dalam bahasa
Arab.
2. Kegiatan Inti (±50 menit)
a.
Eksplorasi (Penggalian Informasi Awal)
·
Guru
menampilkan poster angka 1–12 dalam bahasa Arab :
·
الواحدة – الثانية – الثالثة – الرابعة –
الخامسة – السادسة – السابعة – الثامنة – التاسعة – العاشرة –الحادية عشرة –
الثانية عشرة
·
Siswa
diminta mengulang pengucapan dan menirukan penulisan angka tersebut.
b.
Elaborasi (Penerapan Konsep)
·
Guru
menunjukkan beberapa gambar jam analog dengan waktu jam bulat (misalnya: jam 6,
jam 7, dll.)
·
Siswa
diminta menyebutkan waktunya dalam bahasa Arab:
Contoh: Gambar jam menunjukkan pukul 8 → siswa
mengatakan: "الساعة الثامنة"
·
Siswa
diberikan latihan tulis singkat:
Isilah titik-titik: الساعة
... = 09.00 → jawaban: التاسعة
c.
Konfirmasi (Penguatan)
·
Guru
memberikan umpan balik langsung kepada siswa.
·
Siswa
yang salah menjawab diberi kesempatan memperbaiki.
·
Guru
memberikan contoh kalimat tambahan:
الساعة السادسة
→ jam enam
الساعة العاشرة
→ jam sepuluh
3. Penutup (±10 menit)
· Ringkasan materi : Guru bersama siswa
menyimpulkan pelajaran hari ini.
· Refleksi : Beberapa siswa ditunjuk
untuk membacakan kembali angka dan waktu yang telah dipelajari.
· Doa penutup dan salam .
PERTUMUAN 2:
Metode Diskusi Kelompok & Praktik Lisan
Waktu: 2 JP
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu:
·
Menggunakan
frasa komunikatif untuk menanyakan dan menjawab waktu.
·
Memahami
struktur kalimat tanya dan jawaban tentang waktu.
·
Melakukan
percakapan singkat menggunakan kalimat waktu.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan (±10 menit)
·
Review
materi pertemuan sebelumnya melalui tanya jawab cepat:
الساعة الخامسة
= …?
الساعة العاشرة
= …?
·
Penyampaian
tujuan : Hari ini siswa akan belajar percakapan singkat menggunakan waktu.
2. Kegiatan Inti (±50 menit)
a.
Eksplorasi
·
Guru
menulis beberapa kalimat tanya dan jawaban di papan tulis:
سؤال:
كم الساعة الآن؟
جواب: الساعة الثامنة والربع.
سؤال:
متى تبدأ الدرس؟
جواب: نبدأ الدرس في الساعة السابعة.
· Guru menjelaskan arti setiap kata dan
struktur kalimat.
b.
Elaborasi
· Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil
(3–4 orang).
· Setiap kelompok mendapat kartu
permainan percakapan singkat.
· Siswa diminta berlatih dialog pendek
seperti:
أ:
كم الساعة؟
ب: الساعة السادسة ونصف.
أ:
متى تذهب إلى المدرسة؟
ب: أذهب إلى المدرسة في الساعة السادسة والربع.
· Setelah latihan, kelompok tampil di
depan kelas.
c.
Konfirmasi
· Guru memberikan penilaian formatif
secara lisan dan tertulis singkat.
· Siswa diberikan soal isian singkat:
السَّاعَةُ الثامنة والربع
= … jam? → Jawaban: 08.15
3. Penutup (±10 menit)
·
Ringkasan
: Guru bersama siswa menyimpulkan pola kalimat tanya dan jawaban.
·
Refleksi
: Siswa menyebutkan satu hal baru yang mereka pelajari hari ini.
·
Doa
penutup dan salam .
PERTUMUAN 3:
Metode Simulasi Percakapan & Gambar Jam
Waktu: 2 JP
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu:
·
Menyebutkan
waktu dengan pecahan menit (seperempat, setengah).
·
Menggambar
jam sesuai waktu yang diberikan.
·
Menggunakan
waktu dalam konteks aktivitas harian.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan (±10 menit)
·
Tanya
jawab review :
الساعة
السادسة ونصف =
…?
الساعة
الثامنة والربع =
…?
·
Penyampaian
tujuan : Hari ini siswa akan belajar menyebutkan waktu dengan pecahan menit.
2. Kegiatan Inti (±50 menit)
a.
Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan konsep waktu:
النصف
= setengah
الربع
= seperempat
ثلاثة أرباع
= tiga perempat
·
Guru
menulis contoh:
الساعة السادسة ونصف = 06.30
الساعة الثامنة والربع = 08.15
الساعة الحادية عشر إلا ربع = 10.45
b.
Elaborasi
·
Siswa
diberi lembar kerja berisi gambar jam kosong dan harus menuliskan waktu dalam
bahasa Arab.
·
Siswa
juga diberi soal terjemahan:
“Saya pulang dari sekolah pukul satu setengah”
→ أعود من المدرسة في الساعة الواحدة ونصف.
·
Siswa
melakukan simulasi percakapan dengan teman sebangku tentang aktivitas harian
dan waktu.
c.
Konfirmasi
·
Guru
memberikan umpan balik pada hasil kerja siswa.
·
Siswa
yang belum paham diberi bimbingan tambahan.
3. Penutup (±10 menit)
·
Ringkasan
: Guru bersama siswa menyimpulkan cara menyebutkan waktu dengan pecahan menit.
·
Refleksi
: Siswa menyebutkan satu contoh waktu dalam bentuk pecahan menit.
·
Doa
penutup dan salam .
PERTEMUAN 4:
Metode Evaluasi & Refleksi
Waktu: 2 JP
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu:
·
Mengerjakan
soal evaluasi terkait tema waktu.
· Merangkum seluruh materi yang telah
dipelajari.
· Melakukan refleksi pembelajaran.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan (±10 menit)
·
Motivasi
: Guru mengingatkan pentingnya evaluasi sebagai bentuk penguasaan materi.
·
Penyampaian
tujuan : Hari ini siswa akan mengerjakan evaluasi dan merefleksikan
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (±50 menit)
a.
Eksplorasi
·
Guru
memberikan soal evaluasi sumatif (tertulis):
Isilah titik-titik:
الساعة الثامنة والربع = …..
الساعة الحادية عشر ونصف = ….
b.
. Elaborasi
· Siswa mengerjakan soal evaluasi.
· Guru mengumpulkan lembar jawaban dan
memberikan penilaian.
c.
Konfirmasi
·
Setelah
evaluasi selesai, guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran :
ü Apa yang kamu pelajari selama 4 pertemuan
ini?
ü Di mana kamu masih perlu banyak
latihan?
ü Bagaimana kamu bisa menggunakan waktu
dalam bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari?
3. Penutup (±10 menit)
·
Pengumuman
hasil evaluasi (jika sudah tersedia).
·
Doa
penutup dan salam .
·
Pemberian
motivasi : Guru memberikan semangat untuk belajar lebih baik lagi.
F.
ASESMEN
1.
ASESMEN PENGETAHUAN
Tujuan:
Mengevaluasi penguasaan siswa terhadap
konsep-konsep bahasa Arab terkait waktu seperti angka dalam bahasa Arab,
struktur kalimat tanya dan jawaban, serta kosakata seputar waktu.
Bentuk Penilaian:
·
Soal
pilihan ganda
· Isian singkat
· Menyusun kalimat dari kata acak
· Terjemahan sederhana
Teknik Penilaian:
· Tes tertulis
· Penilaian formatif selama pembelajaran
berlangsung
2.
ASESMEN KETERAMPILAN
Tujuan:
Menilai kemampuan siswa dalam
menggunakan bahasa Arab secara lisan dan tulis dalam konteks percakapan dan
aktivitas harian terkait waktu.
Aspek yang
Dinilai:
1.
Kemampuan
berbicara (lisan)
2.
Kemampuan
menulis kalimat
3.
Kemampuan
menyimulasikan percakapan
4.
Kemampuan
membaca dan mengucapkan waktu
Teknik Penilaian:
·
Observasi
langsung selama pembelajaran
·
Simulasi
percakapan dua arah
·
Penilaian
unjuk kerja
Rubrik Penilaian Keterampilan Lisan:
NO. |
Aspek |
Skor (1-4) |
Deskripsi |
1 |
Kelancaran bicara |
1-4 |
Apakah siswa lancar atau terbata-bata? |
2 |
Kejelasan pengucapan |
1-4 |
Apakah pengucapan jelas dan mudah dipahami? |
3 |
Ketepatan penggunaan kalimat |
1-4 |
Apakah struktur kalimat benar dan tepat? |
4 |
Relevansi jawaban |
1-4 |
Apakah jawaban sesuai pertanyaan dan konteks? |
Contoh Instrumen Penilaian Keterampilan:
Tabel Penilaian Keterampilan Lisan
Nama Siswa |
Kelancaran |
Pengucapan |
Struktur Kalimat |
Relevansi Jawaban |
Total Nilai |
Andi |
4 |
4 |
3 |
4 |
15/16 |
Budi |
3 |
3 |
3 |
3 |
12/16 |
Simulasi Percakapan
Guru memberikan instruksi:
“Lakukan percakapan dengan temanmu tentang
waktu bangun pagi dan pergi ke sekolah!” Contoh dialog:
·
A:
كم الساعة تستيقظ؟
·
B:
أستيقظ في الساعة السادسة والربع.
3.
ASESMEN SIKAP
Tujuan:
Menilai perkembangan karakter dan
sikap spiritual serta sosial siswa selama proses pembelajaran, seperti
kejujuran, disiplin, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.
Aspek yang
Dinilai:
1.
Sikap
spiritual (terhadap anugerah Allah berupa kemampuan berbahasa)
2.
Sikap
sosial (kerja sama, partisipasi, sopan santun)
3.
Disiplin
waktu dalam kegiatan kelas
4.
Rasa
ingin tahu dan antusiasme
Teknik Penilaian:
·
Observasi
guru
·
Jurnal
perilaku
·
Penilaian
diri dan teman sebaya
Rubrik Penilaian Sikap:
No |
Aspek |
Deskripsi |
Skala (1–4) |
1 |
Disiplin waktu |
Datang tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu |
1-4 |
2 |
Partisipasi aktif |
Aktif menjawab, bertanya, dan berdiskusi |
1-4 |
3 |
Kerja sama kelompok |
Mau bekerja sama, tidak mendominasi |
1-4 |
4 |
Tanggung jawab |
Melaksanakan tugas dengan baik |
1-4 |
5 |
Rasa ingin tahu |
Antusias belajar, banyak bertanya |
1-4 |
Contoh Instrumen
Penilaian Sikap:
Tabel Penilaian
Sikap Harian
Nama Siswa |
Disiplin Waktu |
Partisipasi |
Kerja Sama |
Tanggung Jawab |
Rasa Ingin Tahu |
Total Nilai |
Andi |
4 |
4 |
3 |
4 |
4 |
19/20 |
Budi |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
15/20 |
G. REMIDIAL DAN PENGAYAAN
✅ Remedial
Bagi siswa yang belum mencapai KKM:
·
Diadakan
ulasan tambahan melalui media visual (gambar jam)
·
Latihan
soal tambahan di rumah bersama orang tua
·
Bimbingan
intensif oleh guru atau teman sebaya
✅ Pengayaan
Untuk siswa yang sudah mencapai atau
melebihi KKM:
·
Membuat
cerita pendek menggunakan waktu dan aktivitas harian
·
Menjadi
fasilitator dalam simulasi percakapan
·
Mengajarkan
materi kepada teman lain dalam kelompok kecil
CONTOH LAPORAN
HASIL ASESMEN
Lembar Hasil
Asesmen Siswa
Nama Siswa |
Kelas |
Kompetensi |
Nilai |
Predikat |
Andi |
VI |
Pengetahuan |
85 |
Baik |
Keterampilan |
88 |
Baik |
||
Sikap |
90 |
Sangat Baik |
||
Budi |
VI |
Pengetahuan |
70 |
Cukup |
Keterampilan |
65 |
Kurang |
||
Sikap |
75 |
Cukup |
H. LAMPIRAN
·
Materi
Belajar
(Materi terlampir)
·
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Terlampir
Mengetahui, .....................................................
Kepala
Madrasah Guru
Mapel Bahasa Arab
………………………………. ………………………………
Untuk Perangkat Ajar lebih lengkapnya, Silahkan Bapak/Ibu Guru download di bawah ini:
DONWLOAD PERANGKAT AJAR BAHASA ARAB KELAS 6 SEMESTER 1
Demikianlah contoh perangkat ajar Bahasa Arab Kelas 6 Semester1 yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat.
0 Response to "PERANGKAT AJAR BAHASA ARAB FASE C KELAS 6 SEMESTER 1"
Posting Komentar